Tidak terasa sudah hari Rabu lagi, seperti anak-anak yang selalu menunggu hari Minggu. Kalau di sekolah hari Rabu ada outbond dan renang, tapi kalau di IIP hari Rabu hari diberikannya tugas atau tantangan istilah kerennya sekarang challenge untuk menumbuhkan belajar. Di pekan ini challenge nya adalah "Learning How To Learn" istilah kerennya "Bagaimana belajar caranya belajar". Disini dituntut untuk lebih menuangkan ide-ide dan gagasan dalam menciptakan sesuatu yang baru untuk masa depan. Kembali ke awal "bagaimana belajar caranya belajar" yang telah ditentukan dari sananya, hehehehe
Challenge sekarang adalah ...
"Desain Bagaimana belajar caranya belajar"
Sebenarnya challenge ini masih terkait antara NHW #1 sampai NHW #4, dari NHW #1 sampai NHW #3 masih adem ayem menurut orang jowo, tapi menginjak di NHW #4 kepala terasa pengen muter-muter karena mumet alias pusing, hehehehhh
Semua itu butuh namanya belajar dan belajar itu tidak asal belajar, karna belajar itu harus sesuai adab dan caranya. Dan adab belajar itu juga membutuhkan strategi atau desain pembelajaran untuk diterapkan dan diaplikasikan sebagai pembelajaran untuk diri sendiri.
#Desain Pembelajaran
Apa itu Desian pembelajaran ??
Desain pembelajaran sebagai proses menurut Syaiful Sagala (2005:136) adalah pengembangan pengajaran secara sistematik yang digunakan secara khusus teori-teori pembelajaran untuk menjamin kualitas pembelajaran.
Adapun model-model desain rencana pembelajaran adalah model PPSI, model Banathy, model Kemp, model Gerlach & Elly, model Dick & Carrey, model ASSURE, dan model ADDIE. Penjelasannya boleh japri ke Mbah Google mungkin akan diberikan penjelasan yang lebih gamblang ..
Karena biasa menyusun desain pembelajaran di sekolah ini harus menyusun desain ala-ala diri sendiri sesuai apa yang dipelajari dari IIP , karna banyak model desain dan bingung mau pilih yang mana , mana .. mana .. mana .. (seperti lirik lagu) dengan memberanikan diri memilih model Banathy yang simpel sesuai karakter diri yang tidak suka ribet.
Model pembelajaran ini berorientasi pada tujuan pembelajaran. Langkah-langkah pembelajarannya terdiri dari 6 jenis kegiatan. Model ini bertitik tolak dari pendekatan approach, yang mencakup keenam langkah yang saling berinterelasi dan berinteraksi untuk mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan.
Sekarang saatnya .. adalah desain pembelajaran dalam proses belajar menjadi Ibu Profesional
1. Tujuan Pembelajaran
- mampu mengenali bakat, minat dan potensi diri
- mengerti cara menulis
- mampu dalam manajemen penulisan
- menjadi pribadi yang baik
- mampu beribadah lebih baik
2. Tes Awal
Dilewati dulu yaaa ...
3. Materi Pembelajaran
- ilmu mengenal bakat, minat
- ilmu mengenai cara menulis dan membaca
- ilmu manajemen penulisan
- ilmu kepribadian
- ilmu agama
4. Kegiatan, Waktu dan Tempat Pembelajaran
Kegiatan belajar bisa dilakukan secara online dan offline. Mungkin online dari perkuliahan via wa, Instagram, blog dll. Offline bisa dari mengikuti seminar, workshop, majelis ilmu, dan silaturahmi antar teman sesama Ini Profesional atau sesama teman yang mampu dalam pembelajaran ini.
Untuk waktu sudah dijelaskan ketika NHW sebelumnya dimana diminta untuk menuliskan jangka waktu atau milestone masing-masing setiap pembelajarannya.
Tempat belajar pastinya di rumah dan mungkin bisa ditempat yang menyenangkan buat diri mungkin taman, kalau rumahnya dekat sawah bisa juga di dekat sawah atau saung di tengah sawah dan masjid.
5. Evaluasi
Kegiatan belajar tidak lepas dari teori atau materi dan praktek atau kemampuan, dimana untuk belajar praktek disesuaikan dengan kegiatan berlangsung setelah pemberian materi. Kemudian akan diadakan evaluasi atau assessment untuk mengetahui kegiatan apa yang sudah dilakukan dan apakah ada perubahan setelah melaksanakan kegiatan praktek tersebut, dan apakah sesuai dengan tujuan. Untuk lebih detailnya apakah ada progres yang terlihat secara kasat mata.
F. Evaluasi Ulang
Evaluasi akan diadakan kembali ketika kegiatan belajar yang sudah dilakukan kembali ketika belum ada perubahan atau Beluma sesuai dengan tujuan yang diharapkan.
Mungkin ini sedikit penjabaran dari desain pembelajaran menurut diri yang simpel dan tidak ribet sesuai dengan karakter diri.
Masih tahap belajar dan belajar untuk lebih baik lagi ...
#NHW#5
#NiceHomeWork
#IbuProfesional
#IIPMatrikulasiBatch7
#ozora^^
Apa itu Desian pembelajaran ??
Desain pembelajaran sebagai proses menurut Syaiful Sagala (2005:136) adalah pengembangan pengajaran secara sistematik yang digunakan secara khusus teori-teori pembelajaran untuk menjamin kualitas pembelajaran.
Adapun model-model desain rencana pembelajaran adalah model PPSI, model Banathy, model Kemp, model Gerlach & Elly, model Dick & Carrey, model ASSURE, dan model ADDIE. Penjelasannya boleh japri ke Mbah Google mungkin akan diberikan penjelasan yang lebih gamblang ..
Karena biasa menyusun desain pembelajaran di sekolah ini harus menyusun desain ala-ala diri sendiri sesuai apa yang dipelajari dari IIP , karna banyak model desain dan bingung mau pilih yang mana , mana .. mana .. mana .. (seperti lirik lagu) dengan memberanikan diri memilih model Banathy yang simpel sesuai karakter diri yang tidak suka ribet.
Model pembelajaran ini berorientasi pada tujuan pembelajaran. Langkah-langkah pembelajarannya terdiri dari 6 jenis kegiatan. Model ini bertitik tolak dari pendekatan approach, yang mencakup keenam langkah yang saling berinterelasi dan berinteraksi untuk mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan.
Sekarang saatnya .. adalah desain pembelajaran dalam proses belajar menjadi Ibu Profesional
1. Tujuan Pembelajaran
- mampu mengenali bakat, minat dan potensi diri
- mengerti cara menulis
- mampu dalam manajemen penulisan
- menjadi pribadi yang baik
- mampu beribadah lebih baik
2. Tes Awal
Dilewati dulu yaaa ...
3. Materi Pembelajaran
- ilmu mengenal bakat, minat
- ilmu mengenai cara menulis dan membaca
- ilmu manajemen penulisan
- ilmu kepribadian
- ilmu agama
4. Kegiatan, Waktu dan Tempat Pembelajaran
Kegiatan belajar bisa dilakukan secara online dan offline. Mungkin online dari perkuliahan via wa, Instagram, blog dll. Offline bisa dari mengikuti seminar, workshop, majelis ilmu, dan silaturahmi antar teman sesama Ini Profesional atau sesama teman yang mampu dalam pembelajaran ini.
Untuk waktu sudah dijelaskan ketika NHW sebelumnya dimana diminta untuk menuliskan jangka waktu atau milestone masing-masing setiap pembelajarannya.
Tempat belajar pastinya di rumah dan mungkin bisa ditempat yang menyenangkan buat diri mungkin taman, kalau rumahnya dekat sawah bisa juga di dekat sawah atau saung di tengah sawah dan masjid.
5. Evaluasi
Kegiatan belajar tidak lepas dari teori atau materi dan praktek atau kemampuan, dimana untuk belajar praktek disesuaikan dengan kegiatan berlangsung setelah pemberian materi. Kemudian akan diadakan evaluasi atau assessment untuk mengetahui kegiatan apa yang sudah dilakukan dan apakah ada perubahan setelah melaksanakan kegiatan praktek tersebut, dan apakah sesuai dengan tujuan. Untuk lebih detailnya apakah ada progres yang terlihat secara kasat mata.
F. Evaluasi Ulang
Evaluasi akan diadakan kembali ketika kegiatan belajar yang sudah dilakukan kembali ketika belum ada perubahan atau Beluma sesuai dengan tujuan yang diharapkan.
Mungkin ini sedikit penjabaran dari desain pembelajaran menurut diri yang simpel dan tidak ribet sesuai dengan karakter diri.
Masih tahap belajar dan belajar untuk lebih baik lagi ...
#NHW#5
#NiceHomeWork
#IbuProfesional
#IIPMatrikulasiBatch7
#ozora^^
0 komentar:
Posting Komentar